Saturday 25 May 2013

Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke MicroSD Tanpa Root

Sistem operasi Android kelebihannya adalah aplikasi yang ditawarkannya oleh para vendor. Begitu banyak aplikasi android gratis hingga maupun berbayar. Pembuat aplikasi berlomba meraup keuntungan dari pasar aplikasi untuk pengguna perangkat android. Jutaan aplikasi didownload dari android market tiap hari.


Jumlah aplikasi yang melimpah tentu membutuhkan ruang memori yanglebih. Sayangnya, secara default setiap aplikasi yang anda instal ke perangkat android akan masuk ke memori internal ponsel. Dengan kapasitas memori internal yang terbatas, tentu membatasi juga jumlah aplikasi yang dapat anda instal ke ponsel atau tablet android anda.
Untuk mengatasinya, Anda dapat memindahkan aplikasi yang terpasang dari memori internal ke memori eksternal secara aman tanpa perlu mengambil resiko seperti melakukan rooting atau langkah hacking lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Cobalah dulu langkah ke-7 jika tombol Move To SD card tidak aktif maka lakukan mulai dari langkah ke-1 dibawah ini.

1. Download file dari link berikut: http://www.mediafire.com/?lc9u85d53h1cqkj kemudian ekstrak ke PC. File yang Anda ekstrak tersebut bernama Enable Move To SD.bat.

2. Pastikan untuk menginstal lebih dulu driver ponsel ke PC Anda, sehingga PC dapat mengenali ponsel ketika dihubungkan.
3. Aktifkan USB debugging pada ponsel dengan memberikan tanda centang di Setting - Applications - Development - USB bebugging. Khusus untuk ponsel dengan OS teranyar Android 4.0, Anda dapat menemukan setting USB debugging dengan masuk ke Setting - Developer options - Android debugging.

4. Aktifkan instalasi APK dari sumber tak dikenali dengan memberi tanda centang di Setting - Applications - Unknown sources. Atau Anda pengguna ponsel Android 4.0 dapat masuk ke Setting - Security - Device administration - known sources.

5. Setelah itu, sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan  kabel data.

6. Setelah PC berhasil mengenali ponsel Anda, segera  jalankan Enable Move To SD.

7. Untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, silahkan masuk ke Setting - Applications - Manage applications. Lalu sentuh aplikasi yang ingin dipindahkan dengan memilih tombol Move To SD card. Sehingga yang tadinya tombol Move To SD card tidak aktif menjadi aktif.

No comments:

Post a Comment